Selasa, 21 November 2017

Diary Singkat Project Kami

Halo kawan-kawanku semuanya jadi pada momen ini izinkan saya menceritakan sedikit tentang bagaimana kami menyelesaikan proyek kecil-kecilan kami atau ya bisa disebut tugas. Jadi ketika kami belajar mata kuliah Pengantar Teknologi Internet & New Media atau mata kuliah softskill, kami diberi tugas untuk membuat sebuah software baik aplikasi ataupun game semua tergantung kami. Dan untuk tema dari software tersebut bebas akan tetapi aplikasi ini ditujukan untuk anak maksimal 8 tahun atau kelas 3 SD. Kami pun membentuk kelompok dengan cara membagi menjadi 6 kelompok. Kami diberikan kebebasan untuk memilih kelompok oleh dosen kami. Dan karena waktu itu saya belum begitu kenal dengan teman sekelas jadi saya memiligh kelompok 5 dikarenakan ada teman saya sejak tingkat 1 yaitu Sayidati Karima. Selain dia juga ada yang lain yang sudah menjadi teman dekat saya sekarang, seperti Hutomo, Edcha, Fahmi, Idan, Ajie, dan Rahma.
            Setelah pembagian kelompok selesai dan semua mahasiswa mendapatkan kelompoknya masing-masing kami pun disuruh menentukan untuk membuat aplikasi apa dan konsep yang kami dapat akan kami presentasikan pada pertemuan kedua mata kuliah softskill nanti. Setelah selesai kuliah kami membuat grup di Line dengan tujuan langsung mencoba untuk mencari konsep. Kami mendiskusikannya dan mencoba mencari konsep kasar sehingga memudahkan kami kedepannya. Diskusi ini pun meliputi seperti Bahasa apa yang kami gunakan, aplikasi atau game apa yang kami gunakan, dan sebagainya. Setelah melalui diskusi singkat kami pun berujung pada satu keputusan yaitu membuat game yang bertemakan puzzle akan tetapi kami belum tau game seperti apa yang akan kami buat.
            Setelah dari diskusi pertama kami kami pun mengadakan pertemuan kelompok untuk membahas kelanjutan dari aplikasi kami. Masing-masing dari kelompok kami pun mengeluarkan ide-ide cemerlangnya dan saya pun sedikit membantu dalam pencarian ide untuk aplikasi kami. Dan setelah melalui diskusi sengit kami pun mendapatkan hasilnya. Kami berencana akan membuat sebuah game. Game ini merupakan game puzzle yang dimana adalah game mencari perbedaan diantara 2 gambar. Jadi ketika kita masuk game ini maka nanti akan muncul 2 gambar. Kami akan sedikit mengedit 2 gambar tersebut dengan cara menghilangkan sedikit bagian dari gambar tersebut. Kami hanya mengubah 1 gambar saja dan gambar yang lain kami biarkan utuh. Nanti anak yang akan memainkan game ini akan mencari perbedaan di gambar yang akan kami edit tadi. Kami pun akan memberi waktu untuk setiap permainannya dengan tujuan untuk anak dapat memanfaatkan waktu dengan baik, hal ini juga berguna untuk melatih fokus anak dan saraf motoric dari anak tersebut.
            Dan hari-hari pun berlalu kami membagi tugas masing-masing untuk membuat game tersebut dan saya kebagian tugas sedikit dibagian programnya. Saya sangat lemah untuk masalah desain, dan kendala lainnya yang saya dapatkan adalah kesulitan dalam membuat programnya. Hal ini dikarenakan saya yang tidak begitu menguasai Bahasa yang kami gunakan. Karena untuk game Ini kami menggunakan Bahasa pemrogarmam Java. Dan balik lagi saya kurang menguasai Bahasa pemgrograman ini. Saya sebenarnya sangat tidak enak dengan teman kelompok saya yang lain dikarenakan minimnya saya membantu. Apalagi teman saya dari tingkat 1 yang tadi saya sebutkan di awal Sayidati Karima tiba-tiba sudah membuat interface dari game yang kami buat. Saya pun sangan kaget karena dia tidak ada memberitahukan sama sekali dan tiba-tiba dalam sekejab interfacenya sudah jadi. Saya pun sangat senang dan tanpa babibu kami semua sangat menyetujui interface yang sudah dibuat. Tapi balik lagi ke awal saya sangat tidak enak karena tidak dapat memberikan kontribusi secemarlang Karim. Semoga teman sekelompokku tidak marah ya hehe.
            Hari ini merupakan jadwal pertemuan kedua mata kuliah softskill kami diharapkan sudah mempunyai konsep yang matang dan akan dipresentasikan ke dosen. Dan kami pun memang sudah mempersiapkan semuanya. Dan perlu diketahui seiring berjalannya waktu sebelum hari kedua mata kuliah softskill teman kami punya ide baru untuk game kami. Untuk tema tetap pada jalur yang sama yaitu puzzle akan tetapi perbedaannya adalah game kali ini mencari gambar yang cocok. Jadi kami akan menyediakan gambar, kami menyediakannya berpasang-pasangan. Ketika permainan dimulai kami akan menutup gambar tadi dan untuk pemain dapat mencari gambar yang sama dengan mencoba dan mengingat posisi gambarnya satu persatu. Dan pada akhirnya game inilah yang kami presentasikan ke dosen karena menurut kelompok kami game ini lebih menarik. Ada rencana kami untuk menjadikan game kami menjadi 2 dengan menggabungkan dengan konsep sebelumnya yang sudah kami buat. Ketika kami  menjelaskan semuanya ke hadapan dosen baik itu fungsi dari game kami, hal yang kami harapkan berdampak untuk anak, teknis dari game ini dan semuanya kami jelaskan ke dosen. Setelah kami menjelaskan semuanya akhirnya dosen pun menyetujui konsep kami dan kami pun mendapat beberapa masukan seperti gambar apa yang cocok untuk anak 8 tahun dan tentunya anak-anak jaman sekarang akan memiliki ketertarikan yang berbeda jika dibandingkan dengan kami sewaktu masih anak-anak. Contohnya seperti kartun yang ditonton sehari-hari. Semua masukan itu pun sangat kami terima dan kami realisasikan terhadap game kami.
            Beberapa hari setelahnya kami pun melakukan pertemuan untuk kerja kelompok lagi di salah satu tempat makan atau restoran di dekat Gunadarma Kampus G. Akan tetapi ketika kami sampai disana kami kehabisan tempat duduk yang pas sehingga kami terpaksa untuk duduk di meja bagian luar restoran. Kalau boleh jujur sebenarnya tempat ini kurang pas jika dijadikan untuk kami kerja kelompok, cuman ya mau bagaimana lagi. Tempat ini kurang kondusif dan sedikit berisik makanya kami tidak bisa berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan project kami. Teman kami bernama fahmi sudah memiliki kodingan dari game yang ingin kami buat dan kami sisanya mencoba untuk memperbaiki sintaks sintaks yang masih error. Dan Rahma dan Karim memuat desain yang lebih detik dari sebelumnya. Dan pada akhirnya kami pun merampungkan tugas kami dengan catatan masih ada yang harus diperbaiki.

            Dikarenakan kendala waktu dan kesulitan kami dalam membuat game ini yang tadinya kami berencana untuk membuat 2 game akhirnya kami membuat menjadi 1 game saja yaitu mencari gambar yang sama. Sebenarnya sangat disayangkan akan tetapi mungkin ini yang terbaik buat kami yang mana kami masih dalam tahap belajar. Memang game kami masih jauh dari kata sempurna tapi itu adalah hasil terbaik dari jiripayah kami. Mungkin itu dulu yang bisa aku sampaikan dalam diari singkat nan padat ini. Semoga untuk kedepannya kami bisa membuat game kami menjadi lebih baik lagi. Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar